Jumat, 20 Oktober 2017

cimol makanan khas bandung


haiii para bloggers bertemu lagi dengan saya di blogger saya yang
ke sepuluh.nahh udah gak sabar kan saya mau bahas apa diblog saya yang kesepuluh ini,  Kali ini saya akan membahas makanan yang tidak asing lagi ditelinga para blogger yaitu cimol. Tanpa basa basi lagi mari simak penjelasan dan pengalaman saya tentang makanan cimol.

Pengertian dan penjelasan cimol :


Cimol adalah makanan ringan khas bandung yang dibuat dari tepung kanji.

Salah satu jajanan yang berupa cemilan nikmat yang memang tidak bisa dihilangkan dari daerahnya yang kini sudah banyak terkenal dimana mana. Cimol ini memiliki tekstur yang sangat kenyal dilidah karena terbuat dari bahan tepung kanji yang dipadukan dengan sedikit tepung beras yang menjadikanya cimol itu kenyal. Cimol memanglah nama yang unik dan masih dari keluarga jajanan berbahan dasar “aci” ( kanji). Cimol ini memiliki arti lo para bloggers seperti jajanan lainya kalo cireng adalah singkatan aci digoreng , cilok adalah singkatan aci dicolok , nahh kalo cimol singkatanya aci digemol yang artinya olahan tepung kanjiitu dibentuk bulat ( digemol ).  Cimol sangat booming pada tahun 2000 an dan dikenalkan ke bandung sekitar tahun 2001. Di bandung pedagang  cimol sangat mudah dijumpai dipinggir jalan , diarea sekolah , hingga pusat pembelanjaan. Tetapi tidak hanya dibandung saja cimol sekarang ini sudah meraja lela ke seluruh wilayah diindonesia. Pembuatan cimol tidak jauh berbeda dengan cilok , hanya saja cimol tidak menggabungkan antara tepung kanji dengan tepung terigu melainkan tepung kanji dengan tepung beras.mau tau gak bedanya cimol dan cireng , perbedanya yaitu toping pada cireng biasanya dalam bentuk adonan basah berupa oncom,daging,bakso , keju , dll. Sedangkan cimol disajikan bersama toping yang berupa perasa bubuk seperti bubuk rasa bawang , keju , pizza , balado, barbeque , sapi panggang , jagung panggang , dll. Pada awal saya beli cimol , cimol ini hanya disajikan dengan dua macam yaitu bubuk rasa gurih ( mungkin rasa bawang ) dan bubuk cabai yang pedas. Tetapi makin hari pedagang cimol semakin berinovasi dengan memodifikasi topingnya. Dari penyedap bumbu bubuk itu semua berbahan dasar MSG , dll dari bumbu tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita jika mengkonsumsi secara berlebihan , jadi kita juga harus berhati hati dalam mengkonsumsinya jangan sampai berlebihan .



Cara membuat cimol :


Bahan :
  • Tepung beras 100 gr
  • Tepung kanji 350 gr
  •  Garam ¾ sendok makan
  • 350 ml air panas
  • Penyedap rasa 1 sendok teh
  • Merica bubuk ½ sendok teh
  • 1 sendok teh soda kue
  • Bawang putih yang dihaluskan 10 siung
  • Minyak goreng 650 gr 


Bahan pelengkap :
  • Bumbu balado, sapi panggang bubuk , dll secukupnya


Cara membuat :
  1. siapkan tepung kanji dan tepung beras lalu dicampur menjadi satu
  2. masukkan garam , penyedap rasa , soda kue , dan bawang putih yang sudah disiapkan
  3. tuang air panas kedalam bahan sambil diaduk rata
  4. aduk dengan sendok supaya tangan tidak panas
  5. setelah itu uleni dengan tangan sampai adonan mudah dibentuk dan tidak lengket ditangan
  6. bentuk bulat bulat kecil dengan menggunakan tangan
  7. goreng dalam minyak yang sudah panas sampai matang lalu angkat dan tiriskan
  8. taburi dengan bumbu bubuk sampai merata
  9. cimol siap disajikan 

nahhh itulah pengalaman kuliner saya mengenai makanan cimol 
harga cimol tidak lah mahal cuma antara rp.1000 - 5000 kamu bisa menikmati cimol yang enak ini , rasa cimol ini bervariasi dari pizza , keju , balado , sapi panggang ,dll.yang bikin cimol ini enak adalah bumbunya karena bumbunya mengandung banyak rasa yang bikin enak si cimol. apalagi  cimol ini  bertekstur kenyal yang saat dimakan bisa menciptakan sensasi yummmy dimulutt hmm. sekian blogger dari saya apabila ada salah kata mohon dimaafkan , sampai jumpa diblogger saya selanjutnya byyeee......byeeee.





































Tidak ada komentar:

Posting Komentar