Jumat, 29 September 2017

es oyen minuman khas bandung

haiii para blogger ketemu lagi dengan saya diblogger saya  yang ke tujuh,
kali ini saya akan membahas tentang minuman yang menyegarkan dan berkhasiat yaitu es oyen minuman khas bandung, langsung saja kita simak pembahasanya berikut ini.

pengertian dan penjelasan es oyen :

es oyen adalah es yang terdiri dari buah-buahan , mutiara dan campuran bahan 
lainya. secara umum semua orang pasti sudah mengenal minuman manis dan segar yang satu ini. es oyen disebut juga es campur sepertinya sudah tersebar di seluruh penjuru nusantara, bukan hanya di jawa timur. rasa kuah yang manis serta buah-buahan yang segar dan lembut bersatu menciptakan sensasi yummy dimulut para bloggers. benar benar cocok diminum saat matahari terik.

saat ini bisnis es oyen tidak hanya dijawa timur bahkan sampai luar jawa timur, hebat ya 
hal ini tidak mengherankan karena es oyen sangat murah selain itu menyegarkan dan menyehatkan. es oyen ini biasanya berada dipinggir jalan atau kaki lima dipusat keramaian. minuman segar ini biasa dikunjungi masyarakat pada siang hari karena cuaca panas sangat cocok untuk membeli es ini mulai dari anak anak , remaja , hingga dewasa pin menyukai es oyen.

selain sebagai pelepas dahaga , rasanya yang segar , manis dan nikmat juga menjadi 
alasan mengapa masyarakat bandung menyukai es yang satu ini. karena tidak sulit menemukan pedangang es oyen ini tersedia hampir di pinggir pinggir jalan. es oyen merupakan variasi minuman es lain yang populer dibandung. bahan utamanya adalah es dan pacar cina, baik yang berbentuk seperti nulir padi ataupun bulat . bahan campuran lainya adalah kelapa muda , alpukat , kolang kaling , dan nangka. nama es khas bandung ini sangat unik yakni oyen. ada yang tau kenapa es ini diberi nama es oyen , karena sebagian orang meyakini es oyen merupakan kepanjangan dari" oh yang enak".

sejarah es oyen : 

es oyen yang paling dikenal pertama kali oleh warga bandung menurut cerita yang 
beredar adalah es oyen yang terletak di jl. sukajadi diantara pertigaan jl.sukajadi dan jl.sederhana. es pak oyen ini telah ada sejak tahun 1954, kemudian telah dikenal masyarakat luas pada tahun 1962.es oyen yang awalnya dijajakan berkeliling dengan menggunakan gerobak ini memang berpusat di jl.sukajadi dan juga mempunyai cabang di jl.rajawali barat. lokasi yang strategis serta bertingkat dua menjadikan tempat ini dikunjungi banyak orang. 

manfaat atau khasiat es oyen : 
  • mutiara mengandung banyak karbohidrat sehingga dapat mengeyangkan perut 
  • nutrijel membantu melancarkan pencernaan 
  • kelapa muda membantu menetralisir racun/ menghaluskan kulit 
  • buah buahan mengandung banyak vitamin 
  •  dapat menghilangkan dahaga 
  • menyegarkan tubuh ketika matahari terik 

cara membuat es oyen : 

 
bahan : 
  • 100 gr melon potong dadu 
  • 100 gr nangka potong dadu 
  • es serut / es batu secukupnya
  • 2 buah alpukat , kerok daging buahnya 
  • 1 buah kelapa muda , kerok daging buahnya 
  • susu kental manis secukupnya 
bahan sirup : 
  • 300 gr gula pasir 
  • 2 gelas air 
  • 1/4 sdt garam 
cara membuat : 
  1. pertama tama rebus air bersama gula pasir dan garam , kemudian aduk hingga mendidih dan gula larut , kemudian angkat sirup lalu dinginkan. 
  2. es oyen asli bandung siap disajikan , bagilah menjadi 5 porsi mangkuk saji , lalu beri es serut dll, siram dengan susu kental manis dan sirup gula 
  3. es oyen siap disajikan 

nahhh itulah pengalaman saya mengenai es oyen selain enak dan menyegarkan 
es oyen ini ternyata juga mengandung banyak khasiatnya juga lo para bloggers dijamin rugi kalo tidak menikmati minuman yang satu ini karena enaknya dari perpaduan susu kental manis , sirup ,buahbuahan segar menyatu jadi satu dimulut hmmm yummmy banget. ooo iya harga es oyen ini berkisar antara rp.3000-6000 an saja lo sangat murah kan dan pas untuk kantong pelajar. sekian dari blogger saya kali ini apabila ada salah kata dalam menulis mohon dimaafkan , sampai jumpa di bloggers saya yang selajutnyaaa.... byeee...byeeeee.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar