Jumat, 01 September 2017

minuman khas banjarnegara jateng es dawet ayu

hallo bloggers ketemu lagi dengan saya pada bloger saya yang ketiga ini
kali ini saya akan membahas minuman khas yang tidak asing lagi ditelinga para blogers yaitu es dawet ayu minuman khas dari jawa tengah bajanegara yang dijual dikediri. Tanpa basa basi lagi mari kita bahas minuman es dawet ayu ini. 

pengertian dan sejarah es dawet ayu:
es dawet ayu adalah minuman jenis dawet khas dari bajanegara ,jawatengah.
sejarah es dawet ayu konon katanya sejarah kata '' ayu '' dalam dawet ayu banjarnegara bermula ketika adanya grup lawak yang dahulu sangat terkenal diwilayah eks karesidenan banyumas yang sempat manggung dibanjarnegara dan kemudian sempat mencicipi dawet yang terletak di jalan dipayuda itu. karena terkesan dengan rasa dawetnya yang enak dan segar serta penjualnya yang ayu sehingga menginspirasi penciptanya lagu gaya banyumasan yang berjudul dawet ayu banjarnegra. grup lawak dan lagu itulah yang salah satunya ikut andil dalam mempopulerkan dawet ayu hingga ke berbagai daerah. kebanyakan pejual esdawet ayu menempatkan gambar tokoh wayang semar dan gareng kan ? karena mar dari jadi semar dan reng dari gareng. maksudnya adalah kalau musim kemarau itu kan panas dan haus makan minuman yang segar ya dawet ayu bisa juga itu adalah simbolisasi dari penjual yang menginginkan cuaca dalam kondisi kemarau sehingga dawetnya bisa laris. 

cara membuat es dawet ayu : 

bahan bahan dasar :
  1. tepung beras 250 gram
  2. tepung tapioka 250 gram
  3. air sari daun pandan 100 ml
  4. air matang 600ml
  5. es batu secukupnya 
bahan santan untuk es dawet :
  1. santan 1 liter 
  2. daun pandan 3 lembar 
  3. garam 1/2 sendok teh 
bahan larutan gula merah:
  1. gula merah aren 500 gram , disisir 
  2. gula putih 50 gram 
  3. air 250 ml
cara membuat :
  1. terlebih dahulu campurkan tepung beras , tepung tapioka , daun pandan serta air. aduk rata .direbus sampai mengental.
  2. cetak adonan dawet menggunakan alat cetak dawet .letakan diwadah berisi air hangat dibawah cetakan dawet supaya hasil cetakan dawetnya bagus dan tidak mengumpal.
  3. membuat kuah santanya yaitu rebus santan , daun pandan dan garam sampai mendidih sambil terus diaduk supaya santanya tidak pecah angkat dan dinginkan. sisihkan .
  4. membuat larutan gula merahnya yaitu merebus air, gula merah serta gula putih hingga mendidih aduk rata dan dinginkan 
  5. cara menyajikan es dawet ayu banjarnegara yaitu siapkan gelas, lalu masukan dawet secukupnya , kemudian siram dengan kuah santannya dan tuangkan gula merahnya. tambahkan esbatu serut.
  6. es dawet ayu banjarnegara siap disajikan.
manfaat mengkonsumsi es dawet ayu:
  • membantu pencernaan 
  • efek mendinginkan tubuh 
  • meningkatkan nilai gizi 
  • menjaga kesehatan tulang 
  • meningkatkan asupan gula 
  • mengontrol tekanan darah 
  • meningkatkan kesehatan 

mudah kan membuatnya kawan dan ada manfaatnya lagi , harga es dawet ayu relatif
 murah harganya berkisaran antara 3000 - 5000 rupiah saja , kamu bisa membeli es dawet ayu didekat rumahmu yang bakal membuat kamu tidak kehausan lagi. ketika kamu meminum es dawet ayu ini di mulutmu akan ada perpaduan rasa yang diciptakan dari gula merah yang manis dan santan yang gurih dan akan ada kenikmatan tersendiri manis bertemu gurih hmm bisa dibayangkan sendiri yaa keenakanya . itulah pengalaman saya tentang es dawet ayu khas banjarnegara jawatengah yang sangat nikmat terimakasih sudah berkunjung diblog saya dan nantikan blog saya yang selanjutnya , see you bye bye.




  


                          




Tidak ada komentar:

Posting Komentar