Senin, 05 Februari 2018

kue leker makanan khas solo

assalamuailaikum para blogger kembali lagi dengan saya di blogger wisata kuliner adira. pada blogger kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya tentang wisata kuliner.....apa hayooo tebakkk?? iyap benar , pengalaman wisata kuliner tentang kue leker/crepes . tanpa basa basi lagi mari kita lihat penjelasan tentang kue leker tersebut.


kue lekker/crepes adalah kue sejenis panekuk yang adonanya terbuat dari bahan baku tepung terigu, telur , gula pasir, vanili. rasanya yang enak dipadukan dengan crispy nya lekker dan manisnya topping menambah sensasi yang tidak ada bandinganya emmmm nikmatttt, jadi kepingin beli lagi lagi dan lagi. kata ''lekker'' berasal dari bahasa belanda yaitu ''enak''. kue lekker sendiri berkembang pesat dikota solo. saat bangsa belanda akrab dengan sajian panekuk atau pancake datang ke solo, warga lokal berinisiatif untuk membuat versi hemat dan tipisnya yang kini dikenal dengan leker. pada dasarnya makanan ini disukai oleh kalangan anak anak , remaja , dewasa , maupun lansia. leker ini sudah dikenal sejak zaman dahuu lo gaess seiring berkembang nya zaman , mulai banyak mucul inovasi2 crepes yang moderen. untuk kamu para pencinta crepess belum cintaa kalo belum makan crepes ini. cara membuatnya yang menarik , membikin saya melihat terus cara membuatnya dan ingin menirunya dirumah wkwkwkwk.





coba kalian sekali kali datang ke daerah manahan solo , anda akan menjumpai banyak pedagang yang menjajakan kue leker. gambar diatas merupakan rasa dari kue leker atau crepes , banyak sekali varian rasanya . yang dulu rasanya hanya pisang , coklat dan susu saja sekarang berinovasi menjadi banyak rasa contohnya bluberry , nanas , stroberi , keju , melon , apel, vanila , lemon , lecy , durian dan masih banyak lagi. namun ada juga leker atau crepes yang menggunakan ice cream dan smoke beef didalam varian rasanya seperti yang dijual di mall mall besar kebanyakan mereka menjual itu karena banyak peminatnya dan rasanya pun enak juga. sekarang ini boleh juga dibilang crepes adalah versi moderen dari kue leker. kue ini enak dimakan selagi hangat kalo kamu makan pas gak hangat juga gpp tapi saya sarankan makanlah selagi hangat. selain rasanya yang enak proses pembuatan kue lekker cukup mudah atau simple dan alat yang digunakan pun sederhana hanya membutuhkan kompor , wajan kecil , dan sotil. proses pembuatan kue leker sendiri mirip seperti martabak yang membedakan adalah bentuk akhir dari kue lekker sendiri adalah bentuk akhir dari kue lekker ini yang lebih tipis. ooo iya harga yang ditawankan pun juga tidak mahal cuma berkisar 2500 - 5000 an saja jadi pas kan untuk kantong para pelajar dan yang punya kanker(KANtong KERring). mau tau proses pembuatan kue lekker seperti apa mari kita lihat yang berikut ini. 



cara membuat kue leker: 

bahan : 
  • 100 gr tepung terigu 
  • 1 butir telur 
  • 1/2 sdt garam 
  • 1 sdm gula pasir 
  • vanili bubuk secukupnya 
  • air secukupnya 
bahan isi:
  • pisang raja secukupnya , iris bulat tipis 
  • susu kental manis secukupnya 
  • gula pasir secukupnya 
  • meises coklat secukupnya 
cara pembuatan : 


1. siapkan mangkuk besar , ayak lah tepung terigu.
2. lalu masukan telur yang sudah dikocok , vanili , garam dan air .
3. aduk hingga tercampur rata dan biarkan selama kurang lebih 15 menit


4. setelah adonan seperti itu lalu kita panaskan sedikit mentega atas wajan pipih.






5. tuang sendok sayur adonan buat dadar tipis dari adonan . masak diatas api kecil saja.





6. tambahkan bahan isi . lalu lipat adonan.


7. kue leker siap dihidangkan.

nahhhh itulah resep membuat kue lekker , mudah bukan membuatnya dan tidak pelu banyak biaya buat membuat karena bahan nya sudah pasti ada di dapur kalian masing masing. selamat mencoba ya guyssss semoga berhasil.



ini foto saya ketika berfoto dengan pedagang nya tapi pedagangnya malah sibuk sendiri wkwkwkwk.



numpang endorse crepes dikit gapapa lah yaaaa sekali kali mumpung enak krepesnya hahahahaha.


ini foto bersama teman saya yang paling gila , gokil , jaim , gak punya isin tapi ngisin ngisin i biasane wkwkwkwk. 


yukkkk buruan belii crepes yukero nya jangan sampai kehabisan , buka jam 4 tutup jam 6 ayoooooo jangan sampai kehabisan ya guysss.


gk perlu jauh jauh ke solo , dikediri juga ada leker/crepes tepatnya di bence depan kantor possss , pinggir jalan raya , yayalah dipinggir masa ditengah ntar ketabrak truk lagi wkwkwkwk. 


sekian blogger dari saya apabila ada salah kata mohon dimaafkan dan ada salah ketik mohon dimaklumi karena mungkin saya rada lelah wkwkwk , sekian wassalamualaikum wr.wb. sampai jumpa diblgger berikutnya yaaaaa.







1 komentar:

  1. kue leker emang enak ya manis dan crunchy hehehe...



    Kami menjual makanan ringan berupa ROTI GORENG dengan aneka rasa seperti
    Rasa coklat, strawberry, keju, tiramishu, barbeqiu dll ...

    Dapatkan CASHBACK ongkir jika memesan melalui GO FOOD


    PESAN MELALUI GOFOOD SEKARANG JUGA !!

    Untuk info dan pemesnan Roti Goreng TIGOR Kayamarafood kunjungi :
    Website:
    http://www.kayamara.com/food

    Facebook:
    http://www.facebook.com/kayamarafood

    Instagram :
    http://www.instagram.com/kayamarafood

    BalasHapus