Kamis, 22 Februari 2018

tahu walik makanan khas banyuwangi

hayyyyyy para bloggers kembali lagi dengan saya diblogger wisata kuliner adira. kali ini saya akan membahas pengalaman saya tentang  makanan yang sangat enak dan mungkin kalian sudah pernah mencobanya apaaa hayoooo. kali ini saya akan membahas tentang tahu walik. dari namanya saja sudah unik kan gaesss. mauuu tau penjelasan tentang tahu walik mari kita lihat penjelasan berikut ini.





banyuwangi , kabupaten terluas dipulau jawa ini telah terkenal dengan wisata alamnya yang memukau. tidak hanya itu , banyuwangi ternyata juga kaya akan varian menu kuliner andalan nan unik. salah satunya adalah tahu walik. Tahu walik adalah makanan sejenis tahu yang pembuatanya dengan cara tahunya diwalik kemudian diisi dengan adonan ayam lalu digoreng. dibanyuwangi , entah siapa yang memulai , disetiap sudut kota bermunculan penjual ''tahu walik''. jajanan yang sedang booming ini tak hanya digemari masyarakat setempat, namun juga mulai diburu wisatawan yang ingin menjajal menu kuliner andalan kota banyuwangi. tahu walik sendiri hampir sama dengan tahu bakso yakni tahu yang dibelah kemudian dalamnya dijejali daging bakso. namun kreasi masyarkat banyuwangi membuat tahu walik tampil beda. tahu yang telah dipotong hampir terpisah , kemudian kedua sisinya dibalik atau diputar sehingga bagian kulit luarnya berada didalam, dan bagian daging tahu berwarna keputihan berada diluar. selanjutnya daging bakso ayam diletakan dibagian dalam kulit tahu , setelah jajanan ini digoreng kering baru disantap. sensainya tentu lebih lezat dan unik dibandingkan tahu bakso biasa karena daging tahu yang berada diluar saat digigit kemrenyes(kering dan renyah).  selain empuk dan gurih , kenikmatan tahu walik masih ditamnbah dengan bumbu cocolan berupa petis ikan atau bumbu balado , sapi panggang dll. 



namanya aja ''tahu walik'' yang berarti terbalik , membuat orang penasaran seperti apa bentuk dan rasa hidangan yang cocok disantap sebagai teman makan nasi , atau sekedar buat camilan.tahu walik ini cocok dimakan pas selagi hangat. meski lezat dan memuaskan , tahu walik ini cukup murah meriah . dijual dengan harga berkisar antara lima ratus rupiah sampai seribu rupiah per biji. selain rasanya yang lezat , tahu juga memliki manfaat lo gaesss buat tubuh kita yaitu:
  1. kandungan protein yang cukup tinggi yang bagus untuk tubuh.
  2. rendah kolestrol bagus untuk orang yang menghindari kolesterol.
  3. mencegah anemia.
  4. tahu memiliki sifat antikanker.
  5. sumber kalsium bagus untuk tulang.
  6. tahu mengandung banyak zat besi.
wahhh banyak banget yaaa ternyata manfaat dari tahu , jadi selama ini aku gak rugi makan tahu ternyata manfaatnya bagus buat tubuh aku. jadi buat para blogger segeralah mengkonsumsi tahu karena banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari tahu tersebut. ooo iya cara pembuatan tahu walik itu cukup sederhana lo gaesss , mau tahu cara pembuatanya gimana yukkk lihat yang berikut ini. 


cara membuat tahu walik:

bahan:
  • 20 buah tahu goreng/kulit
  • 150gr daging ayam tanpa kulit
  • 5 batang daun bawang 
  • 100 gram tepung tapioka 
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sdm bawang putih goreng
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • kaldu buuk secukupnya 
  • garam secukupnya 
  • es batu secukupnya 
  • air secukupnya. 
cara membuat: 

  1. belah tahu yang sudah digoreng menjadi 2 (bentuk segitiga). balik (walik) bagian dalamnya keluar. sisihkan.
  2. fillet daging ayam , sisihkan kulitnya . cuci sampai bersih.
  3. blender daging ayam dengan es batu , bawang putih , bawang merah , tambahkan sedikit air agar adonan cepet halus dan tidak merusak blender. 
  4. campur adonan diatas dengan irisan daun baang , tepung , kaldu bubuk , dan garam. campur hingga rata (teksturnya jangan terlalu lembek yaaa, lebih seperti adonan bakso. koreksi rasa.
  5. masukan adonan dalam tahu secukupnya . lakukan sampai tahu habis.
  6. panaskan minyak , goreng hingga kecoklatan dengan api sedang jangan terlalu besar agar adonan matang sempurna.
  7. setelah matang , angkat , tiriskan dan sajikan. siap dinikmati hangat -hangat bersama keluarga.

mudah kan cara membuat nya para blogger , silakan dicoba dirumah semoga bisa membuat tahu walik yang enak ini.




ini adalah foto adonan ayamnya tadi nihh gaesss warnanya emang agak kecoklatan gituu ya. 


ini proses memasukan adonan kedalam tahu walik nya kayaknya mudah yaaa cara memasukin adonanya wkwkwk.


tahu yang sudah digoreng dan sudah diwalik jadinya kayak gini nihh para blogger bisakan yaaa cara membalik tahunya mudah banget kan. 




untuk lebih jelasnya cara memasukan adonan isian kedalam tahunya.


sebelum digoreng panaskan minyak terlebih dahulu ya gaesss . tips menggoeng agar tahu waliknya renyah goreng pas minyak nya sudah panas lalu baru goreng tahu waliknya. 






goreng tahu didalam minyak panas sampai warna kuning keemasan ya gaeesssss . setelah berwarna kuning keemasan baru angkat tahu waliknya dan tiriskan. 


tahu waliknya seperti ini gaessss kecil - kecil tapi enak dan lezat bisa bikin tambah lagi dan lagi. kalo tahunya mau yang besar para blogger coba buat sana dirumah wkwkwkkw. 


ketika saya membeli tahu walik saya ditemani dengan teman saya , waktu itu habis kumpul organisasi bingung mau cari makan apa akhirnya saya menyarankan teman saya beli tahu walik sekaligus saya juga membuat blogger tentang tahu walik juga wkwkwkk. 




ini adalah bumbu tahu waliknya ada rasa sapi panggang , jaggung bakar , balado , keju , chili , barbequ , pizza dan masih banyak lagi lahhh pokoknya. 



saya mau mengajak penjual tahu walik nya foto tetapi orang nya gak mau katanya kumus kumus wkwkwkwk akhirnya saya foto sendiri dehhh.


lokasi tahu walik ini berada di depan SMAN 6 KEDIRI di jalan rejomulyo ngasinan kediri  , kalo para blooger ingin menikmati tahu walik disini dan gak ngerti tempatnya para blogger bisa searching di mbah google alamat jalan sman 6 kediri pasti didepan sekolah itu ada penjual tahu walik. biasanya buka jam 10 pagi sampai jam 5 sore, dan pada hari minggu tutup gaesss penjualnya. 


nahhhh itulah pengalaman saya mengenai wisata kuliner tahu walik sangat seru pengalaman saya hari ini , sekian dari saya apabila ada salah kata dari saya yang menyinggung para blogger harap dimaafkan , sampai jumpa diblogger saya minggu depan see youuuuuuu. 






1 komentar:

  1. Hallo semua, sehubungan dengan Isu Kenaikan Pasien Covid -19 yang sekarang kembali meledak di Indonesia, kami di sini sebagai suplayer Tenda Roder menyediakan jasa Sewa untuk Rumah sakit atau Posko Covid yang membutuhkan Ruang Darurat untuk Pasien yang terkena Covid maupun untuk Ruang Isolasi, Tenda Roder ini sangatlah Multifungsi jadi bisa di gunakan untuk berbagai kegiatan Penanggulangan atau Pelayanan Pasien Covid. Berikut jenis tenda roder yg kami sediakan.


    Tenda Roder Putih ( PVC 850)

    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih privasi.

    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda gudang tenda posko kemanan ataupun darurat.




    Spesifikasi Dan Keunggulan Tenda Roder

    Beberapa keunggulan nya yaitu :

    - Fleksibel

    Fleksibel dalam desain dan mudah modifikasi struktur sesuai dengan kebutuhan anda.

    - Low Maintance

    Biaya perawatan yang kecil karena menggunakan rangka alumunium yang tahan terhadap karat.

    - Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)

    Spesifikasi Tenda Roder

    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk atap nya, Dan bahan dindingnya ada 550, 410, 880 dan 850.

    Bisa disesaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan anda.

    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.

    2. Memiliki Ukuran yang besar Dan beragam

    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaitu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang bentangan kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

    3. Menggunakan rangka allumunium yang tahan terhadap karat. Atau bisa juga menggunakan besi.

    4. Cocok digunakan untuk segala jenis acara.



    Spesifikasi rangka tenda Roder

    1. Bentangan 10

    memiliki tebal 65 x 100 x 4 mm

    2. bentangan 15

    memiliki tebal 85 x 120 x 4 mm

    3. Bentangan 20

    memiliki tebal 100 x 200 x 4 mm

    *tingginya 3 m untuk bentangan 10 dan 15. Serta 4 m untuk bentangan 20. (bisa custom)

    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 / 083898841775

    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci, Tangerang.

    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :

    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/

    https://tendagudangbogor.blogspot.com/

    https://tendaroderbsm.blogspot.com/

    Twitter : @TangerangRoder

    Instagram : @tendapameranjakarta

    Instagram : @tendagudangjakarta

    SHOPEE : @https:tendarodertangerang

    TOKOPEDIA :@partisipameran23


    PINTEREST : @TENDARODERBANDUNG

    #sewatendaroder #sewatendaisolasi #sewatendadarurat #tendarumahsakit #tendaposkocovid #tendauntukvaksin #tendagudang #tendasemipermanen #tendajualan #tendapameran #tendawismaatlet #tendaserbaguna #sewatendamurah #tendapelayanancovid #tendamurah #tendamurah #sewatendatangerang #sewatendajakarta #sewatendabandung #sewatendacilegon #sewatendabogor #sewatendacibubur #sewatendakarawang #sewatendacikarang #sewatebdasentul #sewatendacikarang #sewatendapurwakarta #sewatendakarawaci

    BalasHapus